Kamis, 06 November 2014

INFJ on my Mind

0



Sejak aku kuliah , aku tertarik banget buat jati diri aku . awalnya sih emang cuma buat ngisi leisure time alias iseng2 ,tapi lama kelamaan jadi tertarik di dunia psikologi. yaaa...memang masih dalam tahap "tertarik,excited" semoga aja bisa jadi suatu passion yang selama ini aku cari..amin 


#what is INFJ ?#

INFJ adalah seorang intorvert yang merasakan menggunakan intuisi (Intuition), membuat keputusan dengan menggunakan perasaan (Feeling), dan melihat dunia luar dengan penilaian (Judgement).[6] Walaupun INFJ terlihat sangat pendiam, namun orang-orang dengan kepriadian INFJ biasanya memiliki opini yang kuat terkait dengan hal-hal yang dianggap penting dalam kehidupannya.[3] Bila INFJ berjuang untuk sesuatu ini dikarenakan mereka percaya pada ide itu sendiri, bukan karena alasan-alasan yang mementingkan dirinya sendiri.[3] Kekuatan INTJ dan inspirasinya datang dari kekayaan imajinasi dan fantasinya.[3]INFJ sangat teliti dan memegang nilai-nilai.[5] Mereka mencari makna dalam hubungan, ide, dan peristiwa, dengan mampu memahami dirinya dan orang lain.[5] Mereka mampu menggunakan keterampilan intuitif mereka, mereka mengembangkan visi yang jelas dan percaya diri, bertujuan untuk memperbaiki kehidupan orang lain.[5] INFJ menganggap masalah sebagai kesempatan untuk merancang dan menerapkan solusi kreatif.[5]
INFJ yang tenang, individu pribadi yang lebih memilih untuk mempunyai pengaruh di belakang layar.[5] Meskipun sangat independen, INFJ yang sangat tertarik pada kesejahteraan orang lain.[5] INFJ lebih memilih hubungan satu-satu dalam kelompok besar.[5] Sensitif dan kompleks, mereka mahir dalam memahami isu-isu rumit dan didorong untuk menyelesaikan perbedaan dengan cara kooperatif dan kreatif.[5]
INFJ memiliki kehidupan, kaya batin yang hidup, yang mereka mungkin enggan untuk berbagi dengan orang di sekitar mereka.[5] Meskipun demikian, mereka menyenangkan dalam interaksi, dan perseptif emosi orang lain.[5] Umumnya sangat disukai oleh rekan-rekan mereka, mereka sering dapat dianggap teman dekat dan orang kepercayaan.[5] Namun, mereka menjaga mengekspresikan perasaan mereka sendiri.[5] INFJ cenderung mudah sakit, meskipun mereka tidak mungkin mengungkapkan ini kecuali untuk sahabat terdekat mereka.[5]
INFJ cenderung sensitif, pemimpin yang tenang dengan kedalaman kepribadian.[5] Mereka adalah rumit dan sangat misterius, dan sangat kompleks, kadang-kadang membingungkan, bahkan untuk diri mereka sendiri.[5] Mereka memiliki pandangan yang teratur terhadap dunia. Abstrak dalam berkomunikasi, mereka hidup di dunia makna tersembunyi dan kemungkinan.[5] Dengan hubungan alamiah untuk seni, INFJ cenderung kreatif dan mudah terinspirasi.[5] Namun mereka juga dapat melakukannya dengan baik dalam ilmu, dibantu oleh intuisi mereka.[5]
SOURCE : http://id.wikipedia.org/wiki/INFJ

Mungkin di blog lain udah banyak ciri INFJ,kepribadian INFJ,pokoknya everything about INFJ ...makanya aku gak tertarik lagi bahas itu . pengen langsung aja ke topiknya tentang kehidupannya INFJ, ya saya sendiri.....sekedar berbagi aja , siapa tau ada yang lagi haus informasi tentang kepribadian yang satu ini . jadinya kan bisa saling curcol hihihi.........kan kalo baca sesuatu yang menggambarkan diri kita, mau gak mau pasti menarik buat di baca. syukur2 ada sesama infj yang komen :) 
setelah beberapa kali aku tes kepribadian MBTI , ternyata aku masuk golongan orang INFJ,mungkin beberapa sifat dan keseharianku ini menggambarkan "gimana sebenarnya orang INFJ itu"

INFJ on my opinion, ...check this out 

 #SIFAT PALING DOMINAN INFJ# 
 introvert  
udah pasti lah ....tapi bukan introvert yang ekstrem . aku sih tipe introvert yang bingung banget mau ngomong apa alias gak terlintas sedikitpun inspirasi buat berkata-kata sama orang yang gak akrab atau lebih parahnya sama orang yang baru kenal . akhirnya diam jadi senjata manjur buat semua situasi dan kondisi yang gak nyaman buat aku . tapi jangan salah...kalo sama temen yang bisa bikin aku nyaman dan bisa dipercaya ni mulut nerocos aja gak bisa berenti ngoceh dan ketawa.

.Gak Tegaan alias over sensing
bener deh..gak kuat banget liat nenek2 keliling jual dagangannya,bapak2 panas-panasan demi cari uang , anak2 ngamen dipinggir jalan ...hahaha emang lebay . terlalu berbelas kasian , padahal belum tau kalo pengemisnya sebenernya lebih kaya dari kita,bahkan liat TV aja bisa sedih ...ya udh sifat alami . oya ada cerita
#waktu itu umurku masih 2,5 thn ...suatu ketika sedang nonton sinetron "Tersanjung" itu yang ceritanya mbulet gak berujung ...nah , pas itu kebetulan critanya ada rumah kebakar dan didalamnya ada anak bayi , bayinya nangis sampe jerit2 *mungkin kepanasan kakakakkk* ehhhhh spontan aku nangis didepan TV "itu dedeknya gmn buk huhuhiuhuhhuhuhu,kasian buk" nah ini salah satu ciri sifat bawaan lair yang bertahan dan akan selalu ada.
#suatu ketika juga , aku lagi jalan ma temenku naik motor, dan tiba2 didepanku ada motor yang nabrak anak kucing , sampek anak kucingnya kejang-kejang ,berdarah-darah..ya ALLAH pokonya kasian banget ,  spontan rasanya jantungku mau copot , atiku ilang ..di perjalanan ampek kerumah ga bisa berenti ngluarin air mata . lebay tp nyata


.Low Profile
gak mau jadi pusat perhatian..antara malu dan gak mau di bilang sombong,gitu sih aku ngrasanya . aku pribadi lebih suka segala sesuatunya diblik layar . kayak misalnya gini
# ada tugas kelompok bikin powerpoint,dari sekian banyak orang dikelompok,aku yang mengorganisir,soalnya aku suka lah bikin2 kayak gini..akhirnya aku putuskan jg pengorganisir tugasnya ,semuanya aku yg urus..paling temen2 cuma aku suruh nyetor data dan lain2 .tapi masalah persentasi...aku gak mau tampil, malu ...dan ada lagi , kalo ada tugas kelompok pun kebanyakan aku yang buat rinciannya ,yg ngorganisir ..buat urusan lapangan sih aku gak ikut campur..bisa dibilang senengnya di belakang layar aja, gak aktif

.Judging , pengkritik,penilai
jangan salah , meskipun keliatan gak banyak omong ..kalo lagi sama temen deket pasti nrocos aja . dan biasanya topik yng dibicarain ekstreem..misalnya ngatain temen..gak nanggung2..bener2 ngatainnya ga berpri kemanusiaan ..gak pantes ditiru dirumh ya kawan-kawan . yg penting sih orangnya ga ada dan cuma dalam batas bercandaan aja buat lucu2an .kayak gini ni
#suatu ketika lagi ngumpul,dari awal ampe akhir kami gak berenti ngomong dan obrolannya selalu sambung menyambung , dan distiap topik pasti ada aja yang dikatain , ada temen yg lagi diet dan sekarang kurus di bilang kayak jalangkung , ada yng gendut di bilng kepalanya kayak krupuk,apa2an cobak ? kikikikkkk#

.kelewat baik atau bodo?
bisa dibilang bodo,polos atau gimana yahh...kalo aku lebih sering dikatain bodo si sama temen-temen.jahat ya ...padahal aku puya sudut pandang lain dari mereka setiap aku melakukan hal yg dianggap gak semestinya itu
#ada temen gak punya motor,karena g ada motor jadi kemana-mana aku yang anter..kalo gak gitu aku pinjemin motorku ..selama dianya baik,aku nglakuinnya iklas lila hita ala kok,apalagi kalo dia temen baik,tapi gak jarang ini menuai kritik di mata teman yg lain whahaha...biasa aja keleus . udah prinsip kalo aku dibaikin orang aku bisa lebih baikin dia , tapi kalo aku dijahatin aku bisa lebih jahat

,Sensitif
banget.....di kritik aja mata udah berkaca-kaca, antara gak terima dan pengen marah . apalagi disindir..paling gak tahan
ga diajak ngomong aja pasti ngrasa dijauhi , gak disapa ngrasa gak dihargai , dijutekin malah ikutan lebih jutek lagi karena ngrasa gak di hargai.kalo ada kata-kata yang nyinggung pasti tersinggung dan bakal kepikiran ampek 2 hari kedepan bahkan lebih . pokonya di mana-mana bakalan gampang banget sakit hati . emang sih ini negatif ..harus diminimalisir . gak kaget kalo gampang banget tertekan dan depresi..soalnya over thinking dan over sensing alias perasa banget ,makanya tau banget caranya jaga perasaan orang , soalnya aku sendiri mengharapkan hal yg sama dan yg pasti gak mau disakitin perasaannya




0 komentar: