Kamis, 10 Desember 2015

Salah satu cara ngirit..bikin pembukuan keluar masuk uang sederhana

0

Jaman sekarang rasanya buat ngirit itu hampir mustahil . Kecuali ngirit karena gak ada duit. Kalo ada duit secara otomatis keinginan selalu bisa di wujudkan dan hasilnya adalah boros. Gak tau uang buat apa tiba-tiba abis aja gak ada bekasnya.  Diinget-inget juga udah gak guna malah bikin makin puyeng. So,sedari dini mari atur pengeluaran uang. Salah satu cara biar kita bisa ngerem pengeluaran adalah mencatatnya. Gak perlu ribet-ribet , yang ada malah males nyatet. Cukup catetan sederhana aja sehingga kita ngerti dan inget arus keluar masuk uang kita. Mengigatkan sekaligus mengurangi , karena biasanya kalo udah inget akhirnya tobat wkwk.
Ya gitudeh ...ngomonng-ngomong soal pembukuan , kita langsung kepikir bikin tabel dengan keterangan debet,kredit,saldo. ga beda jauh sama pembukuan yang dipelajari di sekolah dulu,itu mah ribet.
Kuncinya yang penting mah kita tau uangnya tu buat apa aja , udah cukup segitu. Setidaknya kita gak di butakan sama sifat alamiah kita yaitu boros dan tetap inget kalo uang yg keluar gak bisa kembali lagi hahaha. Cuma sekedar berbagi aja siapa tau bisa sedikit membantu atau menginspirasi. berikut tabel keuangan saya yang super duper sederhana :


Kayak kalender gitu kolomnya, dan pengeluarannya aku catet aja di kotak-kotak itu. Ada keterangan sama harga, udah gitu aja. Kalo ada bill atau struknya tinggal masukin aja ke amplop di bawah anak panah put here itu. Jadi kalo pengen tau sewaktu-waktu tinggal liat aja diamplop itu. Wkwkwk lebay memang tapi membantu lah. Setidaknya aku tau uang pada lari kemana dan masuk akal atau enggak. Kadang kalo udah liat pengeluaran tiba-tiba inget nabung walaupun akhirnya uang tabungan ke pake juga hahaha.
Sekian dulu semoga bermanfaat .

by : Ade.F

0 komentar: