Kamis, 29 Januari 2015

Ibu ..tak semua pengorbananmu aku tahu.. :'(

0

setelah sekian lama aku hidup. aku selalu menjadikan Bapak idola utama ku...
bahkan hingga beberapa waktu lalu. hingga aku menyadari ..ibu adalah sosok paling berkorban.

tahukah kalian  bahwa ibu selalu ada di balik hebatnya ayah?ibu ada di setiap langkah berani ayah karena ibu menguatkan..ibu memantapkan ayah untuk selalu melangkah maju dan benar.

dan betapa hebatnya beliau yang berkorban demi menjaga nama baik ayah bahkan di hadapan anak-anaknya.

lalu ingat tidak...ibu tak bisa menahan amarah karena kepanikannya ? itu naluri keibuan..marah bukan berarti ungkapan rasa kesal. ada seribu cerita haru di balik amarah ibu. kita saja yang belum mengetahuinya sekarang.

ibu tak pernah bisa rela..rela anaknya jauh dari nya, meninggalkan dirinya.
karena ibu tau...kita belum cukup terlatih untuk jauh dari kasih sayangnya yang selama ini dekat.

di balik iklasnya ibu untuk melepas anak kesayangannya ke perantauan , ada beribu cerita duka yang mengiringi. namun suatu hal menguatkannya ..yaitu "masa depan" putra dan putrinya.

kalau kita menolak pulang ..apakah beliau rela? apa beliau menerima berjuta alasanmu untuk menunda pulangmu ?
tidak akan pernah...karena beliau tau kita akan melewatkan kegembiraan dengannya.

aku terkadang di buat heran...haruskah se-berlebihan itu untuk melepasku pergi ke parantauan?
beliau hanya menjawab dengan jawaban singkat "kamu akan tau rasanya jadi ibu nanti"

bagaimanapun beliau mencoba kuat..air mata adalah satu hal yang tak bisa beliau tahan.sebegitu murahnya harga air mata ibu untukku

engkau mengesalkan bu..engkau buat aku menangis dalam hatiku

engkau mengesalkan bu..menahanku dengan air mata

aku benci menangis didepanmu bu...aku takut ini membuatmu makin sedih

segala yang berasal dari dirimu sangat menyenangkanku bu..masakanmu,omelanmu,candaanmu,dan manja-manjamu ibu...

aku tau suatu saat nanti aku akan menjadi ibu sepertimu...dan kelak aku akan lebih terharu saat tahu  bagaimana berada di posisimu bu

aku menyayangimu..dan kini aku berlatih mengungkapkannya sebelum aku tak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata di hadapanmu

aku rindu ber manja-manja pada ibu
aku rindu di suapi dengan tangan ibu
aku rindu di peluk oleh hangatnya tubuh ibu
aku rindu bercerita kisah ku di kamar dengan ibu
aku rindu mendengar curahan hati ibu yang terkadang membuat aku bosan

bu..aku jauh semata-mata untukmu,aku berjuang demi membahagiakanmu..dan kini aku hanya berharap engkau akan ada dalam suksesku , aku harap engkau bisa duduk bersama di ruang keluarga dengan cucu-cucumu..

ibu..engkau sangat menyayangiku. engkau telah mengungkapkannya berulang kali dengan kata-kata dan segala pengorbanan
cerita dan nasehat yang selalu kau lontarkan adalah pedoman hidup lisan dari mu

aku sudah dewasa memang..tapi aku selalu ingin bermanja-manja denganmu. aku putri kecilmu dulu dan tetap kecil hingga sekarang..engkau melarang ku ini dan itu , mengkhawatirkan hal yang sebenarnya sudah bisa kuatasi..

ntah lah..selama engkau ada , aku hanya ingin bermanja-manja..ingin di dampingi kesana dan kemari
bukan karena manja, karena aku tau aku semakin beranjak dewasa..di masa lajangku , aku ingin memuaskan waktuku bersamamu..bersama ayah dan adik. aku sayang kalian dimanapun aku berada dan bagaimanapun keadaannya ..


dedicated for my mom : Ester Nasiko ({})



by : Ade Fitria












0 komentar: